Universitas Brawijaya (UB) resmi menyandang gelar perguruan tinggi negeri berbadan hukum atau PTN-BH pada 18 Oktober 2021.

Dengan status tersebut, UB menjadi perguruan tinggi ke-14 di Indonesia dengan status PTN-BH. UB juga lebih bebas mengelola keuangan dan menetapkan program studi baru.

Rektor UB, Prof. Nuhfil Hanani AR menyampaikan dengan adanya perubahan status UB dari PTN-BLU menjadi PTN-BH, maka UB memiliki otonomi penuh untuk mengelola akademik, keuangan, serta birokrasi kelembagaan.

Lanjut nya, dalam hal keuangan UB masih mendapatkan alokasi dana APBN, serta dapat leluasa membangun badan usaha yang dikelola secara mandiri.

“PTN-BH diberi wewenang mencari pendapatan untuk universitas dengan mendirikan perusahaan seperti Perseroan Terbatas, hotel, bekerja sama dengan perusahaan, menjual inovasi teknologi, atau lainnya,” papar Rektor UB.

Rektor memastikan PTN-BH tidak berdampak pada komersialisasi pendidikan. Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Prof. Gugus Irianto.

Ia menuturkan, PTN baik dengan status BH, BLU, maupun Satker, memegang prinsip nirlaba.

Di akhir acara, rektor berharap dengan menjadi PTN-BH, UB dapat mencapai visinya menjadi universitas kelas dunia.

The post Akhirnya! Universitas Brawijaya Resmi Berstatus PTN-BH appeared first on MasukKampus : News.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MasukKampus