Di wilayah Papua, kondisi perkembangan pendidikan masih sangat memprihatinkan. Rata-rata tingkat pendidikan masyarakat Papua dapat terbilang masih rendah.

Salah seorang guru SD di YPK Yendoker Papua, Elis pun turut merasakan keresahan tersebut. Sejak lama, ia memiliki mimpi agar kualitas pendidikan di Papua mengalami revolusi menjadi semakin baik.

Ia pun menggencarkan gagasannya demi menciptakan revolusi pendidikan di daerah tertinggal dengan mengikuti pelatihan dari Penciptaan Ekosistem Sekolah Menyenangkan bagi Sekolah Dasar di Kabupaten Supiori di Hotel Prima Inn Yogyakarta.

Tak hanya tahun ini, sejak 2017 ia telah mengetahui informasi seputar Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM). Namun, ia baru mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan salah satu ketua GSM Tutut Candra tahun 2019 dan memotivasinya bahwa Papua mampu membawa perubahan bagi pendidikan di Indonesia.

Tutut Candra pun tak lupa berkata terkait harapannya mengenai adanya pelatihan tersebut dapat menumbuhkan dan terasahnya soft skill anak dan bukan hanya persyaratan administratif.

Setelah mengikuti pelatihan ini, Elis mengungkapkan akan berusaha untuk menyusun kurikulum sekolah sesuai dengan kemampuan anak. Pasalnya, mengikuti kurikulum pemerintah membuatnya kesulitan mengatasi anak di lapangan.

The post Berawal dari Mimpi dan Motivasi, Pendidikan Papua Berevolusi appeared first on MasukKampus : News.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MasukKampus