Sebuah penelitian tahun 2016 menyatakan bahwa Indonesia ada di peringkat kedua dengan persentase angka putus sekolah terbanyak. Hal ini tentu disayangkan, mengingat banyaknya potensi yang tertanam pada sumber daya manusia di Indonesia.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya angka putus sekolah ini adalah besarnya biaya pendidikan yang harus ditanggung orang tua untuk anak-anaknya. Di lain pihak, banyak negara di Eropa yang telah sepenuhnya membiayai pendidikan warga negaranya sehingga angka putus sekolah bisa ditekan.

Berikut daftar negara-negara yang menggratiskan biaya pendidikan untuk rakyatnya:

1. Finlandia
Sejak 2018 lalu, negara ini secara konsisten mempertahankan posisinya sebagai negara dengan tingkat kebahagiaan paling tinggi di dunia. Salah satu hal yang melatarbelakangi tingkat kebahagiaan warganya adalah sistem pendidikan yang baik dan tidak dipungut biaya. Tidak hanya warga asli Finlandia yang mendapat keuntungan ini, semua orang yang datang dan belajar di negara ini akan mendapat perlakuan yang sama.

2. Swedia
Swedia juga memfasilitasi keperluan sekolah setiap muridnya. Beberapa sekolah di Swedia juga menyediakan makan siang gratis dan tunjangan sekolah setiap bulannya. Peraturan ini tidak hanya dapat dinikmati oleh warga asli Swedia, seluruh pelajar asing yang datang dan belajar di negara ini juga mendapat keuntungan yang sama selama belajar di negara tersebut. Semua biaya ini ditanggung oleh pemerintahan Swedia.

3. Jerman
Meskipun terkenal dengan penerapan tarif pajak yang sangat tinggi terhadap penduduknya, nyatanya pajak tersebut dikembalikan pada warga dalam bentuk fasilitas yang juga berkualitas tinggi. Namun, dengan membayar pajak, warga Jerman sudah bisa mendapat layanan kesehatan dan fasilitas pendidikan yang gratis. Hal yang sama juga berlaku bagi pelajar asing yang belajar di negara ini.

4. Norwegia
Seperti negara-negara sebelumnya, warga Norwegia juga tidak perlu memikirkan biaya pendidikan karena negara menanggungnya. Alokasi dana pendidikan di negara ini didapatkan dari pajak penghasilan yang tinggi, mencapai 37 persen dari penghasilan warga Swedia per tahun yang rata-rata mencapai US$ 33.492 atau Rp435 juta.

The post Wow! Negara-Negara Ini Gratiskan Semua Jenjang Pendidikan Warganya, Mana Saja Ya? appeared first on MasukKampus : News.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MasukKampus