Musa Izzanardi Wijanarko atau yang akrab disapa Izzan merupakan wisudawan termuda di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2021 dengan berusia 18 tahun 8 bulan.

Izzan lulus di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ketika berusia 13 tahun dan memutuskan untuk memilih prodi matematika karena ingin terlibat langsung dalam pembuatan reaktor nuklir.

Sebelum mengenyam pendidikan di ITB, Izzan menjadi siswa home schooling sejak tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Izzan pun mengaku belum pernah mengikuti sekolah formal sehingga harus beradaptasi pada tahun 2017.

Selama kuliah Izzan aktif dalam berorganisasi, salah satunya dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Genshiken ITB sebagai kelompok studi budaya visual modern.

Saat kuliah, Izzan berencana untuk lulus dalam empat tahun. Akan tetapi, perjuangan Izzan tak semulus yang ia bayangkan. Tepat sebelum memulai menyusun skripsi, pandemi Covid-19 melanda Indonesia yang mengakibatkan ITB memberlakukan pembelajaran jarak jauh. Dikarenakan hal tersebut, ia sempat kehilangan motivasi. Namun, berkat dukungan dari keluarga dan teman-teman seperkuliahan, Izzan mampu melewati masa terpuruknya dan berhasil lulus sesuai dengan apa yang ia rencanakan sebelumnya.

The post Walaupun Kuliah Sempat Terseok-Seok, Mahasiswa Ini Menjadi Wisudawan Termuda Usia 18 Tahun appeared first on MasukKampus : News.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MasukKampus